Home » JavaScript » Apa itu JavaScript, Penulisan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu JavaScript, Penulisan, Kelebihan dan Kekurangan

Published by Ade Kurniawan on

apa itu javascript

Pada tutorial ini kita akan membahas apa itu javascript. JavaScript adalah salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan saat ini untuk pengembangan sebuah web. Dengan menggunakan JavaScript kita dapat dengan mudah memanipulaasi halaman HTML.

Bagi kamu yang baru belajar pemrograman maka untuk belajar javascript terlebih dahulu dibutuhkan pemahaman dasar mengenai HTML dan CSS.

Kenapa pemahaman HTML dan CSS dibutuhkan ?. Hal ini dikarenakan untuk membuat sebuah web kita perlu mengintegrasikan HTML dan JavaScript. Integrasi ini dilakukan dengan cara menanamkan script JavaScript di file HTML.

Pengertian Javascript

JavaScript adalah sebuah bahasa pemrograman scripting yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dengan features yang kompleks. JavaScript menjadikan halaman sebuah web tampil lebih bagus dan lebih ringan.

JavaScirpt sebagai scripting language artinya tidak perlu di compile saat akan di ekeskusi. Hal ini berbeda dengan languange programming yang membutuhkan compile saat di eksekusi. Beberapa bahasa pemrogrman scripting languange selain JavaScript adalah PHP, Perl dan lain-lain.

Scripting language dibaca oleh komputer baris demi baris tanpa menerjemahkannya ke bahasa mesin atau biner (0 dan 1). proses mengubah inilah yang disebut dengan compile. jadi baris program JavaScript sebagai salah satu scripting language tidak memerlukan compile saat di eksekusi. Setelah mengenal Apa itu Javascript melalui pengertian di atas selanjutnya kita bahas cara penulisannya.

Penulisan JavaScript di HTML

Bentuk penulisan script JavaScript di HTML dapat dalam bentuk embedded dan External.

Embedded script

Embedded script maksudnya adalah menanamkan script JavaScript di file HTML. Bentuk ini sangat sederhana dan dapat diterapkan seperti di bawah ini

<html>
  <head>
    <title>Belajar JavaScript</title>
    <script type="text/javascript">
    alert("Hello : Ini adalah Alert.. Program JavaScript Pertama Saya");
    </script>
  </head>
  <body>          
  </body>
</html>;

Simpan Program di atas dengan nama hello_world.html. Selanjutnya jalankan pada browser maka hasilnya seperti gambar di bawah ini.

script embedded JavaScript alert
Alert dengan Script Embedded JavaScript

Dengan menggunakan embedded script sebuah instruksi yang akan dieksekusi menggunakan JavaScript dibuat dalam satu file. selain diantara <head></head> embeded scirpt juga dapat ditulis diantara <body>..</body>. Embedded script terlihat lebih mudah diterapkan namun pada pembuatan aplikasi berbasis web dalam skala besar kebanyakan penggunaan embedded script kurang efektif.

Eksternal Script

Eksternal Script Maksudnya kita menempatkan file javascript diluar file HTML dan file javascirpt tersebut disimpan dalam format (.js)

Contoh Penulisan External Script Javascirpt

<html>
<head>
    <title>Belajar JavaScript</title>
    <script src="ins_javascript.js"></script>
</head>
<body>
</body>
</html>

Simpan file di atas dengan nama external_hello_world.html. Seperti yang kita lihat di atas bahwa file HTML yang telah kita buat memanngil file ins_javascript.js. file inilah yang disebut dengan external JavaScirpt karena kita memanggil file JavaScirpt yang berada di luar file HTML.

script ins_javascript.js

function SaatReload() {
  alert("Hello.... Ini adalah Contoh Alert External Script JavaScript");
}
window.onload = SaatReload;

Jalankan file external_hello_world.html maka outputnya akan seperti di bawah ini:

script external JavaScript alert
Alert dengan External Script JavaScript

Kelebihan dan Keurangan Javascript

Kelebihan

1. Light Weight (Ringan digunakan)

Selain faktor jaringan internet salah satu faktor yang berperan dalam kecepatan akses web base system adalah bahasa pemrograman dan jenis database server yang digunakan. JavaScript hadir sebagai new era teknologi web yang memiliki kemampuan lebih baik dalam hal tampilan dan kecepatan memproses data.

2. Mudah Untuk dipelajari

Sebagai scripting language JavaScript termasuk salah satu bahasa pemrograman yang mudah dipelajari. Walaupun mudah disini masih tergolong relative. Untuk orang yang baru mulai belajar pemrograman tentu akan sedikit kesulitan. Namun dibandingkan bahasa java dan c tentu JavaScript lebih mudah dipahami.

3. Client Side Validation

Fitur ini adalah salah satu keunggulan dan menjawab kebutuhan akan validasi input sebuah form lebih cepat dan user friendly.

Kekurangan

1. Minim Fasilitas Debugging

Tidak Seperti java, php dan c javascript memiliki kekurangan dari sisi debugging. Hal ini menyebabkan proses pencarian kesalahan terhadap script yang dibuat menjadi sulit.

2. Kemananan

Dengan konsep client side JavaScript memiliki kelemahan dari sisi security. Script dari JavaScript yang dibuat dapat dilihat dari browser user. Sebuah system yang baik menempatkan proses pengolahan data di server dan script program tidak dapat dilihat oleh user, atau lebih dikenal dengan konsep Server Side .

Categories: JavaScript

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *