Home » MySQL » Apa Itu MySQL – Kelebihan dan Kekurangan MySQL

Apa Itu MySQL – Kelebihan dan Kekurangan MySQL

Published by Ade Kurniawan on

apa itu mysql

Apa itu MysQL – MySQL adalah perangkat lunak untuk mengelola sistem manajemen basis data atau yang lebih dikenal dengan DBMS(Database Management System).

Saat ini MySQL menjadi salah satu DBMS yang banyak digunakan setelah Oracle. MySQL berdasarkan ranking statista menduduki peringkat ke 2 sebagai most popular DBMS, disusul oleh Microsoft SQL Server diurutan ke 3 dan PostgreSQL di urutan ke 4.

Pengertian dan Apa itu MySQL

MySQL adalah sebuah software yang digunakan untuk DBMS. DBMS yang dimaksud adalah database management system atau dalam artian bahasa indonesia sistem manajamen basi data.

Jadi Apa itu MySQL?
MySQL secara sederhana dapat diartikan sebagai software untuk membuat database. Dengan MySQL kita dapat menggunakan layanan membuat database, melakukan update dan delete terhadap data yang kita miliki di database yang telah dibuat tersebut.

Dikutip dari wikipedia MySQL pada mulanya dicipakan oleh Michael “Monty” Widenius pada tahun 1979 yang pada saat itu dinamakan UNIREG.

Dalam tahap pengembangan UNIREG digabungkan dengan mSQL, Gabungan ini dinamakan MySQL dan dirilis pada tahun 1995. Saat ini MySQL sudah dimiliki oleh Oracle semenjak akuisisi perusahaan induk MySQL Sun Microsystems pada 2009 oleh Oracle.

Wah….. Bagaimana menurut teman -teman?
Oracle dan MySQL adalah db engine yang posisinya saling berkompetisi namun nyatanya sekarang MySQL dimiliki oleh Oracle.

Meskipun MySQL dimiliki oleh kompetitornya sendiri, namun MySQL masih tetap bertahan sampai saat ini. Hal ini dikarenakan banyak kelebihan yang dimiliki oleh DBMS ini.

Kelebihan MySQL

1. Open Source

Open source adalah salah salah satu keunggulan dari MySQL. Salah satu keunggulan software open source adalah gratis untuk digunakan. Dapat dibayangkan dengan begitu banyaknya aplikasi yang dapat dibuat menggunakan DBMS MySQL, tetapi untuk menggunakannya kita tidak perlu mengeluarkan biaya.

Gratis untuk digunakan ini adalah sebuah keistimewaan MySQL. MySQL bisa saja dijual tetapi dari awal release, pemilik MySQL menerapkan strategi gratis dengan hanya memperoleh pendapatan dari menjual jasa support.

2. Mudah diintegrasikan dengan berbagai Bahasa Pemrograman

MySQL Paling mudah diintegraskan dengan bahasa pemrograman.

jika kamu belajar php maka untuk mengkoneksikan MySQL database dan php hanya diperlukan satu script php saja. Pada java integrasinya dengan MySQL perlu ditambahkan JDBC.

Integrasi ke 2 bahasa pemrograman tersebut tergolong mudah. Selanjutnya pada android studio bisa integrasi MySQL menggungakan REST API atau  Remote Database Connector(RDC). Untuk integrasi ini sedikit lebih sulit dari pada php dan JDBC.

3. Mudah Digunakan

Hal paling penting dari sebuah perangkat lunak adalah kemudahan menggunakannya. MySQL tergolong kepada aplikasi/perangkat lunak yang mudah digunakan karena syntaxnya yang sederhana dan mudah diingat.

4. Memiliki Banyak Sumber Belajar

Faktor banyaknya pengguna MySQL dibandingkan DBMS lain adalah karena kemudahan menggunakannya dan tesedia banyak tutorial. Saat ini ada banyak web tutorial yang menyediakan tutorial MySQL.

Selain tersedianya documentasi cara penggunaan MySQL di situs resminya, kita juga dapat menemukan berbagai tutorial lengkap untuk belajar MySQL di banyak situs web. Hal ini tentu menjadi keunggulan tersendiri bagi MySQL.

5. Security

secure connections, authentication services, Privilege Level Akses User, Encryption password adalah beberapa fitur keamanan yang disediakan oleh MySQL.

Fitur security tergolong bagus dan handal untu membuat database yang powerfull dari segi keamanan.

6. Hardware Requirements tidak terlalu tinggi

Untuk menggunakan MySQL tidak harus menggunakan komputer dengan spesifikasi yang tinggi. Dengan mengunakan intel core dan ram 4GB atau 2GB MySQL sudah bisa berjalan dengan Baik.

Kekurangan MySQL

Meskipun begitu banyak kelebihan yang dimiliki MySQL, namun tetap saja MySQL masih memiliki kekurangan jika dibandingkan dengan software DBMS Lainnya.

Kekurangan ini kita tinjau dari beberapa segi yang membuat MySQL tertinggal dibandingkan yang lain

1. Kemampuan Mengelola Database

MySQL memiliki kelemahan jika harus mengelola database dengan skala besar dan kompleksitas tinggi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya perusahaan besar tidak Menggunakan MySQL.

2. Performa dan kecepatan

Untuk kecepatan menjalankan query tentu DBMS berbayar lebih unggul. Meskipun tidak dirasakan berapa waktu yang diperlukan MySQL dalam menjalankan proses, namun untuk sebuah sitem yang menuntut performa dengan kualitas terbaik maka dapat dikatakan MySQL bukan pilihan terbaik.

3. Tool developing dan debugging

Bagian yang satu ini adalah hal penting bagi programmer. Saat pembuatan syntax ditemukan error namun terkadang MySQL tidak memberikan pesan error yang tepat dan spesifik. Hal ini menyebabkan programmer kesulitan mengatasi kesalahan yang terjadi.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *