Home » Database » Apa Itu Server dan Bagaimana Cara Kerjanya

Apa Itu Server dan Bagaimana Cara Kerjanya

Published by Ade Kurniawan on

apa itu server

Apa itu Server?

Server adalah perangkat yang berguna untuk melayani permintaan data oleh komputer client. Saat kamu membuat sebuah perangkat (Meskipun pc biasa) yang dapat menyediakan sumber daya untuk di akses oleh komputer lain maka perangkat tersebut dapat disebut sebagai server.

Untuk melayani client dalam hal permintaan data sebuah server hendaknya memiliki basis data. Semakin banyak client dan data permintaan yang harus disediakan maka akan dibutuhkan media penyimpan dan pemroseses seperti RAM, harddisk dan Processor dalam bentuk spesifikasi yang tinggi.

Sebagai gambaran spesifikasi server untuk diakses oleh 2 client tentu berbeda dengan spesifikasi server untuk di akses oleh 100 client.

Deskripsi sebuah server

Seperti yang kita ulas di awal tadi bahwa kita bisa membuat sebuah server walaupun hanya menggunakan pc biasa. Server dalam bentuk ini bisa dibuat di jaringan local di diakses oleh beberapa komputer client seperti gambar berikut

:

deskripsi apa itu server local
sumber : slidetime

Gambar di atas adalah bentuk server jika dibuat dalam jaringan local dan hanya diakses oleh client secara terbatas (private).

Lalu bisakah sebuah server local ini diakses secara public melalui jaringan internet.

Jawabannya adalah bisa.

Saat sebuah server menjadi pelayan dan datanya dapat diakses secara public di jaringan internet maka dapat berbentuk seperti gambar di bawah ini:

deskripsi server public
Photo Credit : VasutinSergey/ Shutterstock

Gambar di atas adalah bentuk dari sebuah server yang terkoneksi dengan client melalui jaringan internet.

Jadi sebuah server pada dasarnya dapat dibuat untuk kebutuhan private (jaringan local) dan dapat juga untuk kebutuhan public (diakses melalui jaringan internet).

Cara Kerja Server

Server bekerja berdasarkan perangkat lunak yang ada didalamnya. Untuk menjadikan server yang dimiliki bisa menyediakan web service(layanan web) maka server tersebut harus di install software web service seperti apache atau Nginx. Untuk dapat menyimpan database maka kita harus menginstall software database seperti MySQL atau Oracle.

Sebuah Client hanya memerlukan sebuah browser untuk mengakses file yang tersimpan di server. Tentu hal ini dapat dilakukan jika komputer client telah tersambung ke server dan konfigurasi di sisi server telah berjalan. Server yang mampu melayani kebutuhan client untuk memberikan akses web service dan database adalah web server dan database server.

Web Server dan database server merupakan paket yang harus disediakan oleh sebuah server yang menyediakan layanan web untuk sebuah client. Di web server disimpan data web berupa file html, css, php, javascript atau lainnya. Sedangkan di database server tersimpan file database.

Kesimpulan apa itu server dan cara kerjanya

Server adalah sebuah perangkat yang difungsikan untuk melayani client melalui software yang telah diinstal di dalamnya. Selain untuk web server dan database server, server juga dibuat untuk kebutuhan lainnya seperti Mail Server, Proxy Server dan DHCP Server.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *