Cara Membuat dan Mendeklarasikan Variabel pada PHP

mendeklarasikan variabel di php

Variabel pada pemrograman php sangat sering sekali digunakan karena dengan menggunakan variabel kita dapat menyimpan suatu nilai dan memanggilnya kembali untuk digunakan. Penggunaan variabel digunakan untuk menyimpan data atau informasi sementara, data yang disimpan oleh variabel dalam php dapat berupa string, integer, float, array atau object.

Seringnya penggunaan variabel dalam sebuah pemrograman tentu harus dipahami dengan sebaik mungkin, bagaimana cara menulis variabel yang benar dan bagaimana mendeklarasikan atau menampilkan variabel yang telah di buat.

Cara membuat dan mendeklarasikan variabel PHP

Ada beberapa aturan dalam penulisan variabel pada PHP diantaranya dapat dilihat dengan contoh langsung sebagai berikut :
Contoh penggunaan  variabel pada PHP
1. Penulisan biasa dimulai dengan tanda $ dan dilanjutkan dengan nama variable

<?php
     $nama = "belajarciphp";
     $pekerjaan = "pelajar";


    echo "nama = $nama"."<br/>";
    echo "pekerjaan = $pekerjaan";

?>

Pada contoh penulisan variabel di atas dibuat dua variabel nama dan pekerjaan. contoh di atas merupakan penggunaan variabel yang umum pada php di deklarasikan dengan menggunakan perintah echo
2. Penulisan variabel dengan menggunakan uderscore (-)
Membuat variabel pada php juga dapat dilakukan dengan menggunakan uderscore setelah tanda $ dan di tengah-tengah sebaggai tanda pemisah seperti berikut:

<?php
     $nama_anggota = "belajarciphp";
     $_pekerjaan = "pelajar";


    echo "nama = $nama_anggota"."<br/>";
    echo "pekerjaan = $_pekerjaan";

?>

3. Pembuatan variabel di dalam sebuah function
Variabel yang dibuat  dapat bersifat global dan local scope menggunakan function. Apakah variabel dengan local scope bisa di panggil diluar function atau sebuah variabel yang berada di luar function dapat dipanggil di dalam function. Untuk memahaminya silahkan dicobakan script berikut:

<?php


function belajarCi() {
      //variabel di dalam function
      $belajar = "belajarciphp"; 
      // menampilkan belajar di dalam function 
      echo "<p>Variable belajar di dalam function : $belajar</p>";

} 


belajarCi();


    //memanggil variabel di luar function

echo "<p>Variable belajar outside function is: $belajar</p>";


?>

Pada contoh pembuatan variabel di atas kita akan menemukan error pada saat pendeklarasian variabel di luar functiion, karena pada saat menulis sebuah variabel yang berada di dalam variabel seperti contoh di atas kita hanya dapat mendeklarasikannya di dalama variabel

4. Pembuatan variabel di luar sebuah function
Pembuatan variabel di luar sebuah function dalam bentuk global akan dapat di akses di luar function. Pada contoh berikut kita akan  membuat variabel belajar di luar function. dan memanggilnya di dalam dan diluar function. Silahkan amati dan dicobakan script berikut:

<?php

$belajar = "belajarciphp"; //variabel di luar function


function myTest() {
     // menampilkan belajar di dalam function akan menampilkan error 
     echo "<p>Variabel belajar dipanggil di dalam function : $belajar</p>";

} 

myTest();


    //memanggil function di luar     

echo "<p>Variabel belajar dipanggil di luar function : $belajar</p>";

?>

Pada contoh di atas saat dilakuakn pemanggilan atau pendeklarasian variabel di dalam function maka kita akan menemukan error karena variabel yang kita buat berada di luar function.

Kesimpulan dari kedua contoh penulisan variabel di dalam dan di luar variabel seperti contoh nomor 3 dan 4 di atas adalah kita dapat membuat variabel di luar sebuah function dan hanya dapat dipanggil di luar sebuah function, sedangkan jika kita membuat variabel di dalam sebuah function kita hanya dapat mendeklarasikannya di dalam function tersebut.

5. Cara Penulisan variabel yang salah
Pada php terdapat tata cara penulisan untuk membuat variabel, penulisan variabel ini jika tidak dilakukan dengan benar dapat mengakibatkan error pada variabel yang kita buat :
sebagai contoh berikut:

<?php
      $1nama_anggota = "belajarciphp";
     
     echo "nama = $1nama_anggota"."<br/>";
     

?>

Pembuatan variabel seperti contoh di atas akan memunculkan error sebagai berikut :

Parse error: syntax error, unexpected ‘1’ (T_LNUMBER)

Notifikasi di atas maksudnya adalah penggunaan angka pada awal variabel mengakibatkan parse error.

Pada contoh di atas dapat dilihat bahwa dalam penulisan vaiabel pada bahasa pemrograman php lebih mudah karena tidak perlu mendefinisikan tipe data seperti pada c++ atau java. Demikian cara membuat dan mendeklarasikan Variabel pada PHP semoga dapat membantu dalam memahami cara untuk membuat dan mendeklarasikan variabel pada php,

Leave a Comment