Home » MySQL » Cara Menginstall XAMPP Localhost

Cara Menginstall XAMPP Localhost

Published by Ade Kurniawan on

XAMPP merupakan sebuah aplikasi yang menggabungkan aplikasi apache untuk web server, database untuk mysql dan pemrograman PHP dan Perl. Pada Tutorial ini akan dibahas cara menginstall xampp dan menjalankannya. sebelum masuk ke tahap mengsintall xampp terlebih dahulu mari simak ulasan tentan xampp.
Car Menginstal xampp
XAMPP merupakan singkatan dari pakett aplikasi yang terdapat di dalamanya yaitu (X(Windows/Linux) Apache MySQL PHP dan Perl). Paket Xampp ini memungkinkan pengguna untuk mengelola database MySQL dan mengakses web server secara localhost.

Dengan penggabungan paket tersebut menjadikan XAMPP sebagai server yang paling mudah untuk digunakan sebagai paket aplikasi untuk pengembangan aplikasi web.

Untuk yang baru memulai belajar pemrograman web dan sudah membutuhkan penanganan database dan penggunaan script php maka sangat diperlukan untuk menginstal xampp untuk mengelola database yang akan di buat dan menjalankan tag php. Untuk menginstall xampp tidak terlal rumit cukup mengikuti langkah – langkah berikut.

Untuk yang belum memiliki installer xampp silahkan di download di link https://www.apachefriends.org/index.html.
Jika sudah memiliki installer langsung saja kita melakukan penginstalan aplikasi xampp yang diuraikan sebagai berikut:

Langkah – langkah Cara Menginstall XAMPP

1. Setelah mengunduh XAMPP Jalankan file installer tersebut : xampp-win32-x-x-x-installer.exe dan klik untuk melakukan proses instalasi
langkah 1 cara menginstall xampp

2. Selanjutnya setelah di klik kita akan dihadapkan pada pertanyaan untuk men-disable sementara antivirus pada komputer agar sewaktu melakukan installasi paket XAMPP tidak terjadi slow down sistem dan bentrok pada sistem operasi. Pilih “Yes” untuk melanjutkan installasi paket XAMPP.
langkah 2 cara menginstall xampp
3. Pada tahap kedua akan ada warning untuk meng-aktivkan “User Account Control (UAC)” pada sistem agar paket XAMPP bisa dipasang pada sistem sebagai berikut.
langkah 3 cara menginstall xampp
4. Selanjutnya setelah UAC diaktifkan akan muncul jendela “Welcome” untuk memulai proses installasi. Klik “Next” untuk melanjutkan.
langkah 4 cara menginstall xampp
5. Lankah berikutnya muncul setup component paket yang akan dipilih, secara default semua akan tercentang tetapi disini penulis hanya memilih beberapa paket saja yang diperlukan sesuai kebutuhan. Klik “Next” untuk melanjutkan.
langkah 5 cara menginstall xampp

6. Setelah pemilihan paket kita akan dihadapkan pada pilihan dimana akan meletakkan lokasi pemasangan paket XAMPP, secara default lokasinya ada di : C:xampp, saya memilih lokasi default, tapi jika anda ingin meletakkan lokasi pemasangan XAMMP di drive lain silahkan klik “Browse” lokasi yang di inginkan dengan meng-klik icon foldernya, lalu pilih “Next” untuk melanjutkan.
langkah 6 cara menginstall xampp
7. Langkah berikutnya akan muncul menu “About Bitnami for XAMPP” hilangkan tanda “Ceklist” agar kita tidak diarahkan ke website resmi XAMPP. Lalu pilih “Next” untuk melanjutkan.
langkah 7 cara menginstall xampp
8. selanjutnya akan muncul menu “Ready to Install”, pilih “Next” untuk melanjutkan proses installasi.
langkah 8 cara menginstall xampp
9. Proses “Unpacking Files” dan “Installing” akan membutuhkan waktu beberapa menit, tergantung kecepatan server anda.
langkah 9 cara menginstall xampp
10. Jika sudah selesai akan muncul menu “Completing the XAMPP Setup Wizard” sebagai tanda finalisasi pemasangan XAMPP. Pilih “Finish” untuk memulai XAMPP.
langkah 10 cara menginstall xampp

Cara Menggunakan XAMPP

Jika XAMPP sudah berhasil kita install pada sistem komputer, langkah selanjutnya adalah mellakukan uji coba XAMPP, apakah paket web server yang kita instal sudah berjalan dan bisa digunakan.
1. Langkah pertama jalankan XAMPP dengan cara menglik ikon xampp di desktop
xampp start
2. Jika semua sudah berjalan dengan baik, maka akan ditampilkan gambar seperti dibawah ini yang menandakan bahwa kita sudah bisa mengaktifkan service yang kita inginkan.

Disini kita mengaktifkan Apache dan MySQL dengan cara meng klik tombol start.
Xampp
Setelah tombol star di klik maka Status Apache dan MySQL akan berubah menjadi Running.
3. Untuk membuka akses phpmyadmin silahkan buka browser dan ketikkan url seperti gambar berikut:
membuka localhost phpmyadmin

Demikianlah Cara Menginstal XAMPP dan Mengakses Service Phpmyadmin di Localhost selanjutnya kita sudah bisa membuat database dan menjalankan web server seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Untuk memulai membuat database silahkan dibaca postingan

  1. cara membuat database di phpmyadmin
  2. cara membuat database di command prompt 
Categories: MySQL

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *