Home » PHP » Menggunakan Pernyataan if else di PHP

Menggunakan Pernyataan if else di PHP

Published by Ade Kurniawan on

if else php

If else merupakan sebuah statement kondisi yang sangat sering diunakan dalam pemrograman php. Kondisi if else bisa diibaratkan sebuah kecerdasan yang dituliskan di sebuah kode program. Kecerdasan ini dapat kita amati seperti sebuah robot.

Jika menabrak dinding maka robot diharapkan berbelok. kondisi menabrak tembok adalah sebuah kondisi yang dikenal dengan if. Berbelok adalah kegiatan yang dilakukan jika robot menabrak tembok. dan kemudian else adalah kegiatan lain yang dilakukan robot jika tidak menabrak tembok. Kegiatan lain dalam else ini dapat berupa terus jalan atau lainnya.

Apa Itu if else Pada Pemrograman

If adalah pernyataan yang digunakan untuk mengeksekusi sesuatu kode program jika kondisi terpenuhi atau true. Sedangkan if else adalah pernyataan yang digunakan untuk melakukan eksekusi kode program jika suatu kondisi true . Selanjutnya jika kondisi false maka akan di eksekusi baris kode program lainnya .

Untuk menggunakan pernyataan if else dabat berbentuk sebagai berikut :

Penulisan if

if (kondisi) {
    kode program yang akan di ekseskusi jika kondisi true
}

Penulisan if else

if (kondisi) {
    kode program yang akan di ekseskusi jika kondisi true;
} else {
    kode program yang akan di ekseskusi jika kondisi false;
}

Kedua penulisan di atas merupakan yang umum digunakan. Selanjutnya juga terdapat bentuk if eseif dan else seperti di bawah ini

Penulisan if else dan else

if (kondisi) {
    kode program yang akan di ekseskusi jika kondisi true;
} elseif(kondisi2) {
    kode program yang akan di ekseskusi jika kondisi pertama false dan kondisi ini true;
} else {
    kode program yang akan di ekseskusi jika semua kondisi false;
}

3 bentuk penulisan if else di atas akan banyak ditemui saat menulis program di php. Ketiga bentuk tersebut memiliki fungsi yang berbeda – beda dalam penggunaannya di php.

Fungsi if else dalam Pemrograman PHP

Setelah mengetahui bentuk penulisan if else yang ada di pemrograman php. Selanjutnya apa fungsi dari penulisan syntak tersebut di sebuah baris program. Baiklah langsung kita jawab “Syntax if else yang dituliskan di bagian kode program berfungsi sebagai penentu pilihan pernyataan kondisi yang ada”.

Sebagai contoh kita dapat melihat fungsi if else di sebuah halaman login (Buka link dan lihat file user.php). Perhatikan public function login. File ini dibuat dengan mengunakan pernyataan if else. Pada function tersebut, pernyataan if digunakan untuk mengecek apakah kolom username atau password sudah terisi. Jika true “terisi” paramater username dan password dicek datanya ke database apakah kombinasi username dan password tersebut bernilai true. Jika bernilai true (menggunakan if lagi) maka login user sukses. Selanjutnya jika kombinasi username dan password salah (Gunakan else) untuk menampilkan notifikasi ‘login failed username dan password salah’.

Nah seperti itulah fungsi dari penggunaan pernyataan if else di pemrograman php. Penerapan fungsi ini pada konsepnya juga diterapkan dengan cara demikian di bahasa pemrogrman yang lain. Hanya saja yang membedakannya adalah syntax yang digunakan. Untuk melihat pengunaan lainnya silahkan lihat contoh di bawah ini

Contoh Program PHP Menggunakan if else

Program Menentukan predikat kelulusan

Program menentukan predikat kelulusan
Program menentukan predikat kelulusan

Salah satu penerapan if else yang mudah dipahami adalah program menentukan predikat kelulusan dari input nilai yang diberikan. if nilai besar sama dari 60 maka saat tombol lihat di klik akan muncul predikat lulus. else jika rendah dari 60 akan muncul predikat tidak lulus.

Daftar Rujukan

w3schools PHP if…else…elseif Statements


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *