Apa itu Relasi Database ? Deskripsi dan Jenis – Jenisnya

Bagaimana membuat sebuah relasi database dan kenapa relasi diperlukan dalam pembuatan database. Mari kita bahas jawaban dari pertanyaan ini sehingga kita benar – benar paham konsep dari database relasional.

Database adalah kumpulan file-file yang saling berelasi, relasi tersebut biasa ditunjukkan dengan kata kunci dari tiap file yang ada. Satu database menunjukkan satu kumpulan data yang dipakai dalam satu lingkup perusahaan, instansi (kristanto, 1994:1).

Berdasarkan pengertian database menurut ahli tersebut dapat kita pahami bahwa sebuah database berarti kumpulan file yang saling berelasi.

Baca juga

Pengertian Database, Contoh dan Fungsinya di Sebuah Perusahaan.

Deskripsi Relasi Sebuah Database

Dalam penerapannya database terdiri atas tabel-tabel. Masing – masing tabel ini terdiri atas struktur penyusun yang baisa di sebut sebagai atribut. Sebagai contoh tabel Mahasiswa memiliki atribut nim, nama, jenis kelamin dan alamat.

Mahasiswa merupakan sebuah entitas dan dalam pembuatan database kita akan menyimpan nilai dari atribut mahasiswa ke dalam tabel mahasiswa. nilai dari atribut ini akan terlihat seperti baris data di bawah ini:

membuat relasi tabel mahasiswa
Tabel Mahasiwa / Entitas Mahasiswa

Bagaimana Relasi itu terjadi?

Relasi terjadi di karenakan adanya aktivitas yang harus diselesaikan mahasiswa. Mahasiswa harus memiliki jurusan, memiliki program studi dan memilki mata kuliah dan lain-lainnya untuk dapat melaksanakan dan menyelesaikan kuliah.

Tabel mahasiswa berdiri sendiri tidak akan bisa berjalan di dalam sistem. Jika pun bisa dibuat sebuah sistem hanya menggunakan 1 tabel maka dipastikan akan terjadi penyimpanan yang tidak normal dan kesulitan untuk melakukan proses insert update dan delete data.

Oleh karena itu kita perlu melakukan normalisasi, normalisasi akan kita bahas nanti. Point yang ingin kita capai adalah untuk bisa seorang mahasiswa memiliki jurusan maka data tabel jurusan dan mahasiswa harus berelasi seperti skema di bawah ini.

relasi database tabel mahasiswa dan jurusan
Relasi tabel Mahasiswa dan Jurusan

Gambar di atas menunjukkan bahwa ada dua buah entitas yang perlu dihubungkan agar entitas pertama (mahasiswa) dapat memiliki hubungan dengan entitas kedua (jurusan).

Teman – teman yang berprofesi sebagai mahasiswa tentu mengetahui bahwa setiap mahasiswa pasti memiliki jurusan dan datanya tersimpan di kampus dalam sebuah portal akademik atau sistem informasi akademik kampus. Nah sistem informasi kampus tersebut memiliki database, Jika ada data mahasiswa pasti ada tabel mahiswa di database begitu pula dengan jurusan. Bagaimana database tersebut di relasikan tergantung dari cara yang dipilih oleh perancang database tersebut karena ada beberap jenis relasi dari database.

Jenis – Jenis Relasi Database

Ada tiga jenis relasi yang dapat digunakan untuk membuat relasi antar tabel di database. Ketiga relasi tersebut adalah relasi one to one, one to many dan many to many:

1. Relasi One to One

2. Relasi one to many

3. Relalsi many to many

Cara Membuat Relasi database

1. Cara Membuat Relasi di MySQL Database

2. Cara membuat Relasi tabel di PostgreSQL

Daftar Rujukan

Harianto Kristanto, Konsep dan Perancangan Data Base, Andi Offset, Yogyakarta, 1994.

Leave a comment