Relasi One to One : Pengertian dan Contoh Penggunaan

Dalam pembuatan sebuah database selalu diperlukan hubungan atau relasi antar tabel. Sesuai dengan yang telah kita pelajari pada tutorial sebelumnya bahwa definisi database itu sendiri adalah kumpulan tabel yang saling berelasi. Dengan demikian untuk bisa membuat database kita perlu memahami apa itu relasi.

Relasi database dapat berbentuk one to one, one to many dan many to many Ketiga bentuk ini akan kita bahas satu persatu. khusus pada bagian ini kita akan mendalami terlebih dahulu apa itu one to one.

Pengertian Relasi One to One

One to one adalah sebuah relasi dimana satu baris data dari sebuah tabel (Tabel A) hanya terhubung dengan satu baris data di tabel lain (Tabel B).

One to one menjadi salah satu dari bentuk kemungkinan yang bisa terjadi dalam hubungan antar tabel di database. one to one sebetulnya salah satu hubungan antar tabel yang jarang digunakan (berdasarkan pegalaman). Hal ini dikarenakan ada kecendrungan entitas tabel B dapat disatukan dengan menjadikannya sebagai atribut tabel A.

Notasi One to One

One to one memiliki notasi sebagai berikut:

Notasi relasi one to one
Notasi relasi one to one

Contoh Relasi One to One

One to one dapat di buat dengan ketentuan bahwa hubungan yang terjadi antara row data di tabel pertama dan tabel kedua hanya satu kali. Di bawah ini adalah beberapa contoh dari one to one relationship.

1. Siswa dan beasiswa

Dalam contoh ini seorang siswa hanya boleh memilih 1 program beasiswa yang ada. Jika satu program beasiswa telah dipilih oleh salah seorang siswa maka siswa berikutnya memilih beasiswa lainnya. Kondisi ini jika dirancang akan berbentuk seperti tabel di bawah ini:

contoh relasi one to one
contoh relasi one to one

Untuk menerapkan relasi one to one dari gambar di atas maka id_beasiswa sebagai foreign key di tabel siswa dibuat unique.

2. Negara dan ibukota

Seperti yang kita ketahui sebuah negara hanya memiliki 1 ibukota. jika kita memiliki tabel kota-kota yang ada di dunia maka hubungannya dengan tabel negara adalah one to one.

seperti dibawah ini:

contoh relasi one to one ibu kota dan negara

Kita dapat membuat dalam bentuk lain seperti mengunakan tabel perantara (pivot tabel) seperti di bawah ini:

one to one relasi dengan pivot tabel

Dalam penerapannya baik menggunakan tabel perantara atau tidak saat membuat tabel one to one data pada tabelnya berbentuk unique index.

Leave a comment